Abstrak
Lobster air tawar jenis red claw, Cherax quadricarinatus merupakan anggota Crustacea yang sangat potensial untuk dikembangkan dalam akuakultur. Dalam usaha budidaya khususnya pada pemeliharaan larva, pakan merupakan faktor penting dalam pertumbuhan dan kelangsungan hidupnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian jenis pakan terhadap pertumbuhan dan kelangsungan hidup larva, sehingga dapat memberikan hasil pertumbuhan lobster yang terbaik dan tepat.

Penelitian menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan pakan : cacing darah (blood worm), pelet, wortel, tauge dan tiap perlakuan 3 ulangan. Penelitian dilaksanakan bulan September–November 2008 di laboratorium penelitian biologi akuatik gedung MIPA terpadu. Larva lobster dipelihara dalam akuarium ukuran 15x15x15 cm3 dengan kepadatan 10 ekor/ 2,25 liter air dan diberi pakan ad libitum.
Hasil penelitian menunjukkan pemberian jenis pakan cacing darah (blood worm) memberikan hasil pertumbuhan yang paling baik dengan pertambahan rerata berat tubuh 271,87 mg, panjang total 0,97 cm, dan panjang cepalothorax 0,54 cm, dibanding jenis pakan lain : pelet, wortel, dan tauge selama 1,5 bulan pemeliharaan di dalam akuarium. Dari hasil analisis jenis pakan yang diberikan pada larva lobster air tawar memberikan pengaruh terhadap pertumbuhannya, tetapi tidak berpengaruh terhadap kelangsungan hidupnya. Hasil pengukuran kualitas air (parameter fisika dan kimia) memperlihatkan kualitas air media pemeliharaan cukup menunjang kehidupan larva lobster air tawar.

get pdf klik here


0 komentar to "PENGARUH PEMBERIAN JENIS PAKAN TERHADAP PERTUMBUHAN DAN KELANGSUNGAN HIDUP LARVA LOBSTER AIR TAWAR (CHERAX QUADRICARINATUS)"

Posting Komentar

My Blog List

Sample Text

Diberdayakan oleh Blogger.

Entri Populer

Label

Cari Blog Ini